Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Penelitian

Penelitan merupakan salah satu bentuk kegiatan Tridharma perguruan tinggi dosen FKIP Umuslim. Penelitan di fokuskan pada bidang pendidikan dan bidang keilmuan dosen tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing. Dalam hal ini, Dekan FKIP Umuslim memotivasi para dosen untuk melakukan penelitian.Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan rutin melaksanakan workshop penulisan proposal setiap semester dengan mengundang instruktur yang berkompeten dan juga mengikutsertakan para dosen pada  hibah kompetisi  penelitian  di  tingkat  nasional  serta  hasil-hasil  penelitian  tersebut dipublikasikan  pada  jurnal nasional ber-ISBN, Jurnal  terakreditasi dan jurnal international bereputasi terindeks.

Penelitian tersebut berkoordinasi dengan Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Umuslim. Jumlah penelitian yang telah dilakukan oleh dosen FKIP Umuslim dapat dilihat pada Tabel 2.2.

 

  • Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat. Kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  secara  umum  dikelola  oleh  Lembaga Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat  (LPPM)  Umuslim  sehingga  dosen-dosen  FKIP  harus  berkoordinasi  dengan  LPPM  dalam  melaksanakan  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat. Dalam melaksanakan pengabdiannya, FKIP Umuslim melalui Dekan telah melakukan hubungan kerjasama  yang   baik  antar  fakultas  Umuslim.  Hubungan tersebut terutama berkaitan dalam hal pelayanan oleh dosen untuk mata kuliah tertentu yang  tidak  dimiliki  oleh  fakultas  yang  bersangkutan. Hubungan  dengan  instansi  lain selama  ini  pada  dasarnya  dilakukan  melalui  jalinan  kerjasama  antara  Umuslim  denganinstansi-instansi  terkait  misalnya  Dinas  Pendidikan  Nasional  Provinsi  dan  Pemda  Tingkat  II.  Kerjasama  fakultas  dengan  instansi  terkait  akan  semakin  penting sehubungan dengan keluarnya kebijakan pemerintah yang mewajibkan sekolah-sekolah khususnya  PAUD,TK,SD, SMPdan SMA sederajat.