Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Umuslim MoA dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim menandatangani Memorandum of Agreements (MoA)  dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen. Penandantanganan naskah Memorandum of Agreements (MoA) berlangsung di ruang rapat Ampon Chiek Kampus Umuslim pada hari Selasa (7/2/2022), yang di tanda tangani oleh  Dekan FKIP Drs. M. Taufiq, M.Pd dan  Kepala Dinas  Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen Dr. H. Jufliwan, SH.,MM. Kegiatan tersebut, ikut di hadiri dan di saksikan oleh Rektor Universitas Almuslim “Dr. Marwan, M.Pd “dan Wakil Rektor 1 Universitas Almuslim “Dr. Halus Satriawan, MSi”.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, M.Pd didampingi Dekan FKIP pada kesempatan tersebut menyampaikan pihaknya siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Dinas  Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen demi terwujudnya Bireuen sebagai kota santri seperti harapan semua pihak. Penandatanganan  Memorandum of Agreements (MoA)  meupakan  tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani Umuslim dengan Bupati Bireuen beberapa waktu lalu, ujarnya. Pihaknya selalu terbuka apabila ada pihak-pihak untuk bekerjasama dan berkolaboratif  dalam upaya memperkuat syariat  islam, ujar Dr. Marwan, M.Pd.

Selain Rektor dan Wakil rektor  kepala Biro lingkup Umuslim dan sejumlah pejabat dari Dinas Pendidikan Dayah kapupaten Bireuen  juga turut disaksikan Dekan Fakultas Pertanian Dr. Elfiana, SP., M.Si,  Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Romaynoor Ismy, ST.,MT.IP, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Rahmad, S.Sos., M.AP, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Riyadhul Fajri, M. Kom. Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Sri Wahyuni, M.Si,  Plt. Dekan Fakultas Kesehatan Dewi Maritalia, M.Kes  dan Direktur Program Pascasarjana Dr. Cut Azizah, ST.,MT,  juga ikut menghadiri acara tersebut.

Kegiata ini, diharapkan akan melahirkan  kolaborasi akademisi dengan  birokrasi khususnya bidang dinas pendidikan dayah dalam berbagai bentuk program kajian, riset bersama, sehingga lahirnya satu kegiatan untuk memperkuat dan mendukung syariat islam.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen Dr. H. Jufliwan, SH.MM menjelaskan tentang keberadaan dinas yang dipimpinnya, dimana lembaga tersebut awalnya berbentuk Badan  dimulai sejak tahun 2012.

Saat ini dinas tersebut mempunyai dua bidang yaitu pembinaan pendidikan dayah dan Penberdayaan. Saat ini di Bireuen ada sekitar 157 dayah sudah terakreditasi, agar dayah lebih berkembang dan mandiri, maka dayah perlu pemikiran dari akademisi berasal dari berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu pertanian, Ilmu Tehnologi , ekonomi, sospol dan  lainnya dapat berkontribusi untuk pengembangan kedepan. Oleh karenanya maka Kerjasama dinas Pendidikan dayah dengan Universitas ALmuslim adalah satu hal yang tepat dan dapat memberi dampak positif bagi kedua belah pihak maupun bagi masyarakat sekitar.

Dalam pertemuan MoA tersebut, H. Jufliwan menyampaikan bahwa  perlu peningkatan skill bidang lainnya karena di dayah masih kurang SDM bidang umum, nanti  mungkin bisa kolaborasi. Mohon dukungan akademisi dalam berbagai aspek agar terwujudnya  peningkatan kualitas pelaksanaan syariat islam di kabupaten Bireuen, harap H. Jufliwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *